Kamis, 02 Juni 2011

SISTEM IRIGASI UNTUK PEMBIBITAN KELAPA SAWIT

Pembibitan kelapa sawit merupan bagian penting dari proses perkebunan kelapa sawit.  Bibit-bibit inilah yang nantinya diharapkan menjadi pohon sawit yang unggul dan menghasilkan buah yang optimal.
Dalam masa pembibitan ini, salah satu yang mutlak diperlukan agar bibit bisa tumbuh dengan baik adalah air... sehingga semua pembibitan kelapa sawit selalu diusahakan dekat dengan sumber air, biasanya dekat sungai.
Penyiraman
Pada pembibitan skala kecil, penyiraman bibit bisa dilakukan secara manual dengan pompa air yang di sambungkan dengan selang-selang panjang dan ditarik secara manual untuk disiramkan ke polybag-polybag yang ditanam bibit sawit. Pada pembibitan dengan luasan 1 atau 2 Ha mungkin masih tidak terlalu masalah, tapi untuk pembibitan sawit dengan luasan 5Ha ke atas akan lebih efisien jika penyiraman dilakukan dengan sistem irigasi dengan pemipaan yang permanen ataupun semi permanen ( portable ).
sistem penyiraman dengan pemipaan yang permanen ataupun yang portable ini, pada prinsipnya untuk mengganti tenaga manusia dalam menyuplai air ke polybag-polybag tanaman. air dari pipa-pipa ini disalurkan ke alat yang berfungsi untuk menyebarkan air ke areal pembibitan dari atas tanaman. Pada umumnya penyiraman seperti ini dibuat dengan sistem irigasi sprinkler dan sistem spray hose.

SISTEM SPRINKLER DAN SPRAY HOSE

IRIGASI SPRINKLER

1 komentar: